Saturday, October 15, 2011

Mencari DNS Tercepat Dengan Menggunakan DNS Benchmark

Domain Name Server atau Domain Name Service merupakan server yang bertugas memberitahukan alamat asli dari sebuah domain yang anda ketik. Kaerena sebenarnya di dunia maya aslinya berupa digit2 bukan nama domain. Kecepatan sebuah DNS menerjemahkan alamat asli berdampak makin cepatnya koneksi anda.

Akan tetapi DNS bukanlah harga mati, ketika seseorang bilang DNS Google yang tercepat dengan alamat 8.8.8.8 dan 8.8.8.8 ada yang mengatakan OpenDNS yang tercepat, ada lagi DNS asli dari ISP yang tercepat. ISP yang samapun misal sama-sama Speedy belum tentu tercepat ketika menggunakan DNS tertentu, karena kadang kondisi wilayah di Indonesia memungkinkan kecepatan DNS yang sama akan berbeda dengan daerah lain walaupun dengan ISP yang sama.



Terus bagaimana anda memilih DNS, apakah trial and error dengan speedtest dan membandingkan dns satu dengan yang lain satu persatu bongkar pasang setting DNS?
Cobalah gunakan program semacam benchmark yang freeware tapi bagus. Saya menemukan DNS Benchmark yang sangat handal dan akurat.

Kelebihan DNS Benchmark
1. Tidak perlu instal, langsung jalankan.
2. Menscan semua alamat DNS dari 0.0.0.0 sampai 255.255.255.255 dari seluruh dunia, bahkan DNS Indonesia yang tidak terkenalpun akan diuji. Sehingga tidak ada DNS yang lolos untuk tidak diuji.


3. Mengurutkan menjadi 50 besar tercepat.
4. Dari 50 tersebut akan ditest lebih detail lagi mana yang tercepat sesuai keadaan insfrastuktur jaringan internet anda.

5. Dan hasilnya berupa laporan terperinci masing-masing DNS seperti berikut ini:
Final benchmark results, sorted by nameserver performance:
(average cached name retrieval speed, fastest to slowest)

Download

Sumber :
http://my.opera.com/cainabell/blog/apakah-dns-tercepat-milik-google
http://nurbiantoro.blogspot.com/2010/11/mencari-dns-tercepat.html

No comments:

Post a Comment